Menu Close

Surat Izin Penyelenggaraan Apotek (SIPA)

NO

KOMPONEN

URAIAN


1.

Dasar Hukum

Permenkes RI  Nomor 9  Tahun 2017 tentang Apotik.


2.

Persyaratan Pelayanan

2.1.    Permohonan    Kepada    Kepala    DPMPTSP    Kota Probolinggo bermaterai

2.2.     Foto  copy  Kartu  Tanda  Penduduk  yang  masih berlaku

2.3.     Surat  Rekomendasi  dari  Dinas  kesehatan  Kota Probolinggo

2.4.     Fotocopy     Surat     penugasan/     Surat     Praktek Tenaga  Teknis Kefarmasian (SIPTTK)

2.5.     Surat  keterangan  lulus  Uji  Kompetensi  sebagai Apoteker

2.6.     Akte   perjanjian   kerjasama   Apoteker   Pengelola Apotek dengan pemilik sarana Apotek

2.7.     Fotocopy IMB bagi pemohon baru.

2.8.     Fotocopy     Persetujuan  tetangga  bagi  pemohon baru.

2.9.     Fotocopy  Surat  Ijin  Usaha  Perdagangan  (SIUP) dan NIB.

2.10.  Fotocopy  surat  bukti  yang  menyatakan  status bangunan  dalam  bentuk  akte  hak  milik/  Sewa kontrak

2.11.  Asli  dan   salinan   /  fotocopy  surat   persetujuan dari     atasan     langsung     bagi     pemohon     yang berstatus   PNS   /   anggota   ABRI   dan   pegawai instansi lainnya

2.12. Rekomendasi dari  Puskesmas setempat

2.13.  Rekomendasi      dari      organisasi      profesi      (IAI) setempat

2.14.  Rekomendasi   Ketenagaan   Apoteker   dan   nama Apotek dari Dinkes Propinsi

2.15.  Surat     pernyataan     dari     Apoteker     pengelola Apotek      bahwa      tidak      bekerja      tetap      pada Perusahaan    farmasi    lain    dan    tidak    menjadi Apoteker     pengelola     Apotek     di     Apotek     lain (bermaterai  6.000)

2.16.  Surat  pernyataan  bersedia  mentaati  peraturan perundangundangan    bidang    kesehatan    yang berlaku dari  pemilik Apotek (bermaterai)

2.17.  Surat   pernyataan   dari   pemilik   sarana,   bahwa tidak    pernah    terlibat    pelanggaran    peraturan perundangundangan  dibidang  obat  (bermaterai 6.000)

2.18.  Fotocopy  Surat  Izin  Kerja  (SIK  AA)  bagi  Asisten Apoteker

2.19.  Daftar   ketenagaan   ditandatangani   Calon   APA yang     ada     dilengkapi     fotocopy     Ijazah     yang dilegalisir

2.20.  Daftar   terperinci   alat   /   perlengkapan   Apotek
ditandatangani Calon APA

2.21.  Gambar denah bangunan, pembagian ruang pelayanan   beserta   ukurannya   dan   tata   letak inventaris      barang      dan peralatan lainnya ditandatangani calon APA

2.22. Peta lokasi dengan pelayanan sejenis

2.23.  Surat   Pernyataan  Pengelolaan  Lingkungan (SPPL)



3.

Prosedur

3.1.      Pemohon   mengisi   formulir   permohonan   Surat Izin   Penyelenggaraan   Apotek   dengan   meterai

3.2.      Pemohon   menyerahkan   berkas   sesuai   dengan persyaratan ke CS.

3.3.      CS  menverifikasi  berkas  dan  memberikan  surat tanda terima berkas.

3.4.      CS mencatat pada register penerimaan berkas.

3.5.      Berkas    diserahkan    ke    Back    Office    untuk diproses.

3.6.      Sebelum     diproses     karena     ini     permohonan penyelenggaraan  sarana  maka  harus  dilakukan rapat       koordinasi       dengan       Tim       Pemberi Pertimbangan       Perizinan       dan       dilanjutkan peninjauan lokasi.

3.7.      Surat Izin siap untuk diproses oleh  Back Office.

3.8.      Surat   Izin   dinaikkan   ke   Kasi.untuk   divalidasi dan diparaf.

3.9.      Surat Izin dinaikkan ke Kabid.untuk diparaf.

3.10.   Surat   Izin   dinaikkan   ke   Kepala   Dinas   untuk ditanda tangani.

3.11.   Surat   Izin   diregister   untuk   mendapat   nomor izin dan stempel.

3.12.   Surat izin diserahkan ke Pemohon.

3.13.   Pemohon    menyerahkan    tanda    terima    berkas dan  menandatangani  register  penyerahan  surat izin.



4.

Jangka Waktu Penyelesaian

3 – 7 hari kerja


5.

Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)


6.

Produk

Surat Izin Penyelenggaraan Apotik (SIA)


7.

Pengelolaan pengaduan

7.1.   Pengaduan     dapat     dilakukan     secara     tertulis melalui    surat    yang    ditujukan    kepada    Kepala Dinas    Penanaman    Modal,    PTSP    dan    Tenaga Kerja  Kota  Probolinggo  Jl.  Slamet  Riyadi  Nomor 20 Kel. Kanigaran Kota Probolinggo;

7.2.   Pengaduan, saran  dan  masukan  secara  langsung via:
     Kotak Saran;
     Telepon Kantor (0335) 422121;
     Email: dpmptspkotaprobolinggo@gmail.com           

              Aplikasi LAPOR-SP4N;
     Aplikasi VIEW;
     Telepon      ke   Suara   Kota   Probolinggo   acara ”Laporo  Rek  di  nomor  telepon  (0335)  427772 atau 081336460000