Menu Close

Surat Izin Penyelenggaraan Toko Obat (SI Toko Obat)

NO

KOMPONEN

URAIAN


1.

Dasar Hukum

Permenkes RI Nomor 1331/Menkes/SK/X/2002 tentang Pedagang Eceran Obat


2.

Persyaratan Pelayanan

2.1.      Permohonan    Kepada    Kepala    DPMPTSP    Kota Probolinggo bermaterai

2.2.      Fotocopy KTP pemohon.

2.3.      Surat  Rekomendasi  dari  Dinas  kesehatan  Kota Probolinggo

2.4.      Fotocopy  Akte  pendirian  perusahaan  (pemohon atas  nama  usaha  dagang)  apabila  ada,  fotocopy Kartu    Tanda    Penduduk    (KTP)     yang    masih berlaku (pemohon perorangan)

2.5.      Fotocopy Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP dan TDP)

2.6.      Fotocopy IMB bagi yang mengajukan Izin baru.

2.7.      Fotocopy persetujuaan tetangga mengetahui Camat dan      Lurah setempat bagi   yang mengajukan Izin baru.

2.8.      Surat Rekomendasi Kepala Puskesmas setempat.

2.9.      Surat  pernyataan  bersedia  mentaati  peraturan perundang   undangan   bidang   kesehatan   yang berlaku dari  pemilik sarana (bermaterai 6.000)

2.10.   Surat   penunjukan   sebagai   penanggung   jawab toko obat

2.11.   Surat  pernyataan  bersedia  sebagai penanggungjawab

2.12.    Fotocopy  Ijazah  yang  dilegalisir  dan  Surat  Izin Kerja Asisten Apoteker (SIK AA)

2.13.   Daftar ketenagaan yang tersedia

2.14.   Gambar Denah Bangunan beserta ukurannya

2.15.   Peta lokasi dengan sarana sejenis

2.16.   Surat  Pernyataan  Pengelolaan Lingkungan (SPPL) dari Dinas Lingkungan Hidup.



3.

Prosedur

3.1.     Pemohon   mengisi   formulir   permohonan   Surat Izin  Penyelenggaraan  Toko  Obat  dengan  meterai.

3.2.     Pemohon   menyerahkan   berkas   sesuai   dengan persyaratan ke CS.

3.3.     CS  menverifikasi  berkas  dan  memberikan  surat tanda terima berkas.

3.4.     CS mencatat pada register penerimaan berkas.

3.5.     Berkas     diserahkan     ke     Back     Office     untuk diproses.

3.6.    Sebelum     diproses     karena     ini     permohonan penyelenggaraan  sarana  maka  harus  dilakukan rapat       koordinasi       dengan       Tim       Pemberi Pertimbangan       Perizinan       dan       dilanjutkan peninjauan lokasi.

3.7.    Surat Izin siap untuk diproses oleh  Back Office.

3.8.     Surat   Izin   dinaikkan   ke   Kasi.untuk   divalidasi dan diparaf.

3.9.     Surat Izin dinaikkan ke Kabid.untuk diparaf.

3.10.  Surat   Izin   dinaikkan   ke   Kepala   Dinas   untuk ditanda tangani.

3.11.  Surat   Izin   diregister   untuk   mendapat   nomor izin dan stempel.

3.12. Surat izin diserahkan ke Pemohon.

3.13.  Pemohon    menyerahkan    tanda    terima    berkas dan  menandatangani  register  penyerahan  surat izin.


4.

Jangka Waktu Penyelesaian

3 – 7 hari kerja


5.

Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)


6.

Produk

Surat Izin Penyelenggaraan  Toko Obat (SI Toko Obat)


7.

Pengelolaan pengaduan

7.1.    Pengaduan    dapat    dilakukan    secara    tertulis melalui   surat   yang   ditujukan   kepada   Kepala Dinas   Penanaman    Modal,   PTSP    dan    Tenaga Kerja  Kota  Probolinggo  Jl.  Slamet  Riyadi  No.20 Kel. Kanigaran Kota Probolinggo;

7.2.     Pengaduan,      saran      dan      masukan      secara langsung via:
   Kotak Saran;
   Telepon Kantor (0335) 422121;
   Email: dpmptspkotaprobolinggo@gmail.com
   Aplikasi LAPOR-SP4N;
   Aplikasi VIEW;
   Telepon      ke   Suara   Kota   Probolinggo   acara
Laporo  Rek  di  nomor  telepon  (0335)  427772
atau 081336460000